Pages

Sunday, January 5, 2014

Warung Tengkleng Mbak Diah - Solo

Halo Sahabat Travelliners,

Western Cafe? Sudah
Chinese Food? Sudah
Sekarang gilirannya Indonesian Food yang akan direkomendasikan oleh Travellinary.

Warung Tengkleng Mbak Diah adalah salah satu warung tengkleng di kota Solo yang terkenal selain tengkleng pasar klewer. Bagi sahabat Travelliners yang belum tahu tengkleng, tengkleng adalah masakan daging kambing sejenis gule. Kalau gule isinya daging dan jerohan, kalau tengkleng ini lebih ke kombinasi daging yang menempel pada tulang. Kuah tengkleng pun dimasak dengan menggunakan ramuan rempah rempah Indonesia, kemudian segala tulang dimasukkan ke dalam kuahnya, jadi jangan kaget apabila anda melihat di dalam panci tengkleng dimasak ada tulang kepala kambing di dalamnya. Rasa Tengklengnya pun jangan diragukan lagi kedahsyatannya.


Katanya kalau datang siang jam 12 tepat antrinya sangat banyak untuk bisa mendapatkan meja tetapi saat kami mengunjungi warung mbak diah ini pada jam setengah 2 siang. Suasananya bisa dibilang tidak ramai tetapi juga tidak sepi. Waktu selesai makan dan bayar tagihan, tiba – tiba datanglah bus pariwisata dengan para penumpangnya dengan sergap langsung mengisi meja – meja yang kosong.
Jadi Ramai lagi deh.

Berikut penampakannya:

 Warung Tengkleng Mbak Diah

 Suasana Makan di Warung Tengkleng Mbak Diah


Apabila ingin makan di warung tengkleng mbak diah ini harap hindari jam – jam makan. Jangan ngaku sebagai pecinta daging kambing apabila sudah pernah ke solo tetapi tidak mampir ke warung tengkleng mbak diah ini. Disini waktu anda pesan tengkleng, biasanya akan diberi daging campur, yaitu daging dari berbagai bagian dan anda bisa juga request daging khusus bagian mana yang anda inginkan. Karena jam sudah menunjukkan pukul setengah 2 dan perut juga sudah keroncongan, tanpa lama-lama dan basa-basi langsung pesan 1 porsi dengan bagian pipi, kuping (telinga) dan lidah karena dengar dari yang jual, bagian yang paling recommended itu ya bagian pipi dan kuping, sedangkan lidah merupakan bagian favorit dari saya sendiri. Jangan lupa pesan nasi ya, karena berasa kurang greget kalau makan tengkleng tidak pakai nasi. 

Berikut Fotonya :

 Satu Porsi Tengkleng (pipi, kuping, lidah) - Rp. 30.000,00


 
 Kombinasi Nasi dengan Tengkleng

Pertama kali mensruput kuah tengklengnya sih terasa biasa saja. Tetapi waktu dikombinasikan dengan nasi, acar, daging, kuah, dan sambalnya, waktu dikunyah di mulut ada suatu sensasi yang tidak pernah bisa dirasakan pada masakan lain termasuk gule. Segarnya Acar, Gurih dan pedasnya sambal, nasi sebagai pelengkap dan tekstur daging yang berbeda - beda antara pipi, lidah, dan kuping bercampur menjadi satu di mulut menciptakan suatu sensasi yang menggelegar.

Berikut Deksripsi Tekstur dari Bagian Tengkleng :
1. Kuping - Waktu digigit pertama kali teksturnya kenyal, rasanya gurih, tetapi setelah digigit bagian tengahnya terasa krispy karena terdapat tulang muda di tengahnya.
2. Pipi - Daging yang lembut dikombinasikan dengan bagian yang kenyal(pipi) sehingga menciptakan perpaduan menarik. Menurut saya bagian ini yang paling cocok untuk dipesan di tengkleng.
3. Lidah - Tekstur daging yang sangat lembut yang tidak bisa didapatkan pada bagian lainnya.

Nah berikut biaya yang dikeluarkan untuk makan tengkleng mbak diah ini (AS) :


SELAMAT MENCOBA!

Warung Tengkleng dan Sate Mbak Diah
Tanjung Anom RT 02 RW V Kwarasan Grogol
Sukoharjo, Solo, Indonesia
Telp. 0271- 644069



*Penilaian dilakukan secara Subjektif dan dapat berbeda-beda setiap orangnya. Travellinary.blogspot.com tidak bertanggung jawab atas penilaian yang diberikan.

No comments:

Post a Comment

AddThis